Plakat Kaca




Seplakat.com - Berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya limbah kaca dari industri toko kaca, kerajinan properti, kaca jendela, kaca aquarium dan rumah tangga membawa inspirasi pada orang-orang kreatif untuk memanfaat limbah kaca yang tidak terserap oleh industri daur ulang besar menjadi produk kerajinan.

Salah satu produk kerajinan limbah kaca tersebut adalah Plakat Kaca. Selain bertujuan untuk recycle plakat kaca juga bagian dari upaya Upcyling atau proses menaikan nilai ekonomis, usai manfaat dan estetika dari limbah kaca.

Sekedar info, Kaca berasal dari bahan yang bersifat cair namun memiliki kepadatan tinggi, dan struktur amorf. Atom-atom di dalamnya tidak membentuk suatu jalinan yang beraturan, seperti kristal, atau biasa disebut gelas. Kaca kebanyakan dibuat dari silika (SiO2), campuran batu pasir dengan fluks yang menghasilkan kekentalan dan tilik leleh yang tidak terlalu tinggi, untuk kemudian dicampur lagi dengan bahan stabilisator supaya kuat.

Kaca jendela, lampu, dan botol, tergolong sebagai kaca sodalime yang terbuat dari silika (SiO2), fluks soda, (Na2O) dan stabilisator lime atau tanah liat kapur (CaO) dengan magnesia MgO yang sedikit dicampur dengan alumina (Al2O2). Jenis kaca yang tahan panas adalah kaca borosilikat. Kaca ini terbuat dari silika, boron oksida (B2O3), alumina dan soda mempunyai titik leleh yang tinggi dan tidak mudah pecah jika dipanaskan. 

Penyebabnya adalah koefisien muatnya amat kecil. Kaca seperti ini biasa disebut pireks. Kaca silika yang dileburkan atau kuarsa yang melebur sendiri, dan 99,9% silika mempunyai titik leleh sebesar 1.580 °C, koefisien muat yang rendah, tembus radiasi ultraungu dan inframerah. (sumber: Wikipedia)

Plakat dengan bahan dari kaca memberikan kesan yang lebih mahal, sehingga plakat ini cocok untuk bingkisan pada kegiatan formal.

Berikut adalah beberapa contoh foto produk Plakat Kaca


Sudah siap pesan?
Silahkan isi form di bawah ini, dengan klik tombol pesan

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :